Caringin Tilu – Review Lengkap Suasana Alamat Dan Rute

Caringin Tilu

Wisata Caringin Tilu Bandung merupakan sebuha objek wisata alam yang sudah tidak asing lagi untuk warga Bandung.

Jawa Barat memang tidak pernah habis menjadi perbincangan dan persinggahan untuk warga lokal maupun interlokal dengan menghidangkan berbagai tempat wisata alam terbuka yang indah, menarik dan penuh pesona seperti Caringin Tilu (Cartil).

dapur caringin tilu
dapur caringin tilu 

Sejarah Caringin Tilu

Caringin Tilu atau lebih dikenal dengan Cartil dalam bahasa Indonesia yang berarti beringin tiga karena adanya 3 buah pohon beringin di kawasan ini.

Dahulu kala, ketiga pohon beringin tersebut ditanam sendiri oleh presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno ketika zaman kemerdekaan.

Menurut cerita yang beredar luas di masyarakat, tempat ini begitu istimewa meski banyak diselimuti bau mistis. Karena pohon beringin tersebut sudah berumur ratusan tahun. Sempat hanya tersisa satu pohon beringin karena yang satu tumbang dan satu lagi mati mongering.

Tetapi warga sekitar mempunyai inisiatif untuk menanam kembali 2 pohon sebagai penggantinya. Dan di atas tempat wisata ini terdapat sebuah makam leluhur yang diyakini sebagai makam keramat oleh warga sekitar.

Cartil sendiri sudah dibuka menjadi tempat wisata alam di Bandung sejak tahun 2002. Pada awal pembukaan tempat ini hanya tersedia tiga orang pedagang yang menjual makanan.

Namun saat ini di Cartil Bandung sudah semakin ramai hingga ada sekitar 25 saung dengan berbagai macam kuliner yang disuguhkan untuk Anda.

Keindahan Caringin Tilu Bandung
Keindahan Caringin Tilu Bandung

Keindahan Caringin Tilu Bandung

Anda akan dibawa dengan perasaan nyaman dan juga damai jika berada di Cartil dengan melihat harmonisasi alam yang terhampat sangat luas dihadapan Anda. Ciptaan Tuhan yang sangat disayangkan jika Anda lewatkan di Bandung.

Anda juga dapat mengamati view Kota Bandung yang tidak kalah keren baik pada siang hari maupun pada malam hari. Apalagi jika malam hari seperti hamparan gelap yang dihiasi bintang-bintang nan indah dan kemerlap.

wisata bintang dan kuliner cartil
Cartil dini hari sekitar pukul 02.00 WIB

Cartil biasanya akan ramai pada malam minggu dengan begitu banyak pemuda pemudi baik yang berpasangan maupun rombongan teman. Apalagi pada saat malam pergantian tahun biasanya akan berlangsung ramai hingga dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Karena tempat ini tidak memerlukan karcis untuk masuk seperti tempat wisata lain. Anda hanya cukup membayar biaya parkir saja.

Alamat Caringin Tilu

Pada saat Anda berkunjung ke Cartil, Anda akan melihat jelas cakrawala Bandung dari ujung Timur hingga ujung Barat yang membentuk sebuah cekungan dengan diselimuti pegunungan.

Mulai dari sisi sebelah Utara ke Timur terdapat Gunung Bongkor, Gunung Buit Tunggul, Gunung Manglayang, Gunung Geulis, Gunung Mandalawangi.

Sedangkan pada sisi bagian Selatan terlihat Gunung Papandayan, Gunung Patuha dan Gunung Malabar hingga pegunungan pada bagian Barat mampu diteropong oleh Cartil.

Kawasan Cartil berada di Bandung Utara tepatnya berada di Jalan Terusan Padasuka Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kurang lebih sekitar 10 Km ke Utara dari pusat Kota Bandung.

Akses Menuju Caringin Tilu

Untuk mencapai lokasi Cartil, akses terdekat yang dapat ditempuh yaitu melalui Kawasan Padasuka, Cicaheum. Hanya memerlukan sekitar 40 menit dari pusat Kota melalui jalan Padasuka terus menanjak ke atas ke arah utara.

Untuk kenyamanan berkendara Anda, disarankan untuk mengecek kembali kondisi kendaraan Anda karena perjalanan menuju Cartil akan melalui banyak tikungan dan tanjakan.

Dan jangan lupa untuk berpakaian yang hangat jika Anda berkunjung pada sore hari menjelang malam karena udara disini cukup dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *