Sanghyang Tikoro – Informasi Lengkap Lokasi Dan Misteri

Salam sejahtera untuk para sahabat global trans holiday. Kali ini admin ingin berbagi info Sanghyang Tikoro – Informasi Lengkap Lokasi Dan Misteri.

Semoga artikel ini dapat memberikan referensi untuk para pembaca setia global trans holiday yah.

Sanghyang Tikoro

Kota Bandung memiliki sejuta kisah dengan tempat wisata yang unik, menarik, misterius, dan juga kontroversial.

Salah satu tempat wisata yang sering disebut dengan tempat wisata misterius dan kontroversial yaitu Sanghyang Tikoro. Kami akan sedikit menceritakan bagaimana awal mulanya Sanghyang Tikoro.

Sanghyang Tikoro - Informasi Lengkap Lokasi Dan Misteri
Sanghyang Tikoro – Informasi Lengkap Lokasi Dan Misteri

Misteri Sejarah Sanghyang Tikoro

Sebuah kisah Kota Bandung pada zaman dahulu dikatakan bahwa wilayah Bandung dikenal dengan sebutan Danau Bandung Purba, sebuah danau yang sangat besar.

Seiring berjalannya waktu, air danau tersebut kemudian menghilang disebuah tempat bernama Sanghyang Tikoro.

Tikoro dalam bahasa Sunda berarti “kerongkongan”. Mungkin inilah sebabnya dinamakan dengan tempat aliran air seperti kerongkongan yang masuk ke dalam tempat gelap hingga akhirnya menjadi sangat misterius.

Tetapi dari situlah munculnya sebuah peradaban yang sangat terkenal yaitu suku Sunda di Bandung.
Tempat misterius tersebut kini dikenal dengan nama Sanghyang Tikoro.

Gua Dikawasan Hutan Yang Masih Perawan

Sanghyang Tikoro merupakan sebuah gua dikawasan hutan yang masih perawan di Bandung. Tempat wisata alam tersebut berada ditengah hutan yang sukit dijangkau dan memang sangat jauh dari keramaian kota.

Sehingga banyak wisatawan yang tidak berani untuk datang ke destinasi wisata ini karena tempatnya yang terkenal angker dan sangat tertutup.

Efek Meletusnya Gunung Sunda

Terbentuknya Sanghyang Tikoro karena meletusnya Gunung Sunda yang sangat dahsyat sehingga mengakibatkan seluruh permukaan badannya hancur tak bersisa.

Yang tersisa hanya lubang-lubang lekukan yang dalam, dengan muntahan lahar yang sangat panas sehingga menyebabkan sungai di daerah Batujajar, Cililin dan Padalarang tertimbun dan berubah menjadi lahar dingin.

Lahar dingin tersebut kemudian menggunung hingga akhirnya membentuk sebuah telaga yang saat ini dikenal dengan nama Talaga Bandung.

Kini daerah Padalarang dan Cililin umumnya mengandung kapur yang kemudian terkikis sedikit demi sedikit membentuk sebuah lubang aliran yang kelak kemudian dikenal sebagai Sanghyang Tikoro.

Kedalaman Tanah Lebih Dari 800 Meter

Gua Sanghayng Tikoro memiliki panjang kedalaman di bawah tanah hingga lebih dari 800 meter.
Hingga saat ini, wisatawan belum ada yang pernah sampai masuk ke Gua Sanghyang Tikoro tersebut karea diliputi dengan berbagai hal yang misterius.

Konon, jika Anda memasukkan sebuah barang ke dalam air danau tersebut, maka air danau tersebut akan mengeluarkan teriakan yang bersumber dari alas bawah air danau Sanghyang Tikoro.

Tempat Semedi Di Mulut Goa

Bahkan beberapa orang mengaku melihat orang-orang semedi di atas mulut gua tersebut pada hari-hari tertentu seperti Kamis Kliwon atau Selasa Kliwon merupakan hari yang sering dianggap mistis.

Mungkin mitos ini mengandung makna supaya jangan sampai manusia membuang sampah atau bahkan benda apapun seperti sebatang lidi pun jangan sampai dibuang sembarangan.

Dan mungkin itu adalah sebuah pesan dari nenek moyang warga Bandung. Tetapi percaya atau tidak itulah mitosnya.

Gua Artistic Sanghyang Poek

Jika Anda berkunjung ke Sanghyang Tikoro, maka Anda akan menjumpai juga sebuah gua artistic yang bernama Sanghyang Poek.

Letaknya berada di belakang gua Sanghyang Tikoro. Untuk sampai ke Sanghyang Poek hanya berkisar 15 (lima belas) menit dari Sanghyang Tikoro dengan berjalan kaki. Anda hanya harus menyusuri sungai dengan arah yang berlawanan dengan aliran sungai.

Pertama Anda akan menemukan pipa raksasa ditemani aliran sungai yang semakin lama semakin tenang dengan banyaknya bebatuan dan juga airnya lebih jernih dibandingkan dengan Sanghyang Tikoro.

Hal ini dikarenakan ailiran air Sanghyang Tikoro sudah terkontaminasi dengan air buangan dari Power House.

Alamat Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro terletak antara kecamatan Rajamandala dan kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Sanghyang Tikoro berada disamping PLTA Saguling sekitar 17 Km dari pusat bendungan dan berada di wilayah turbin terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *